Senin, 08 Agustus 2011

Metafisika Wahdatul Wujud

AnehAjaib.  Problem seputar masalah yang ada merupakan problem yang berat. Artikel ini bersandar pada teori yang ada dari khasanah metafisika islam yaitu mulla sadra. Meskipun pendek, diharapkan agar bisa menjadi titik pijak untuk memahami metafisika kesatuan tuhan atau wahdatul wujud yang terkenal dengan tokoh-tokoh sufinya seperti al hallaj maupun syeh siti jenar.

Dasar dari filsafat adalah metafisika. Metafisika dibagi menjadi metafisika umum disebut dengan ontologi, dan metafisika khusus yang terdiri dari kosmologi, filsafat manusia atau antropologi metafisik dan filsafat ketuhanan atau teodicea.


Di antara tema-tema metafisika umum yang paling banyak melahirkan kontroversi adalah problema yang ada. Sebab hakikatnya terasa ribet dan ruwet. Hal ini lantaran yang ada merupakan sesuatu yang repot bila didefinisikan, mengingat untuk mendefinisikan suatu objek, kita butuh sesuatu yang lain yang lebih jelas dari objek itu sendiri. Sementara yang ada itu adalah obyek sekaligus juga subyek karena kita ada didalam yang ada.

Menurut para filsuf, konsepsi yang ada sedemikian terangnya, sehingga ia persis menyerupai matahari. Dan karena sedemikian terangnya, ia tak mungkin bisa dilihat manusia. Demikianlah yang ada. Begitu jelasnya yang ada, maka ia tak mungkin bisa didefinisikan lewat genus dan diferensia, yang secara otomatis berarti harus lebih terang ketimbang yang ada itu sendiri.

Secara historis, tema yang ada menjadi tema fundamental metafisika yang didiskusikan oleh hampir seluruh filsuf klasik sejak thales di era yunani kuno sampai josiah royce di era modern. Namun harus digarisbawahi di sini bahwa mereka masih sekadar menempatkan problematika yang ada sebagai bagian dari tema-tema universalitas saja, sama seperti masalah-masalah universalitas yang lain seperti problematika substansi dan aksidensi, unitas dan pluralitas, dan sebagainya.

Sejak kehadiran mulla sadra, lahirlah mazhab filsafat eksistensialisme dalam komunitas muslim. Namun, eksistensialisme sadra sangat berbeda dengan mazhab eksistensialisme seperti kierkegaard, jean paul sartre, atau heidegger.

Eksistensialisme islam adalah sebuah mazhab filsafat metafisis yang murni. Tujuan utamanya adalah ingin mencari tahu dan bahkan ingin sampai kepada yang ada sebagaimana yang ada yang sebenarnya (the ultimate reality). Dengan demikian, nuansa metafisika yang ada dalam islam lebih bersifat teistik bahkan sufistik; sementara aliran filsafat eksistensialisme barat sebagiannya condong pada ateisme.

Untuk bisa memahami metafisika yang ada, ada baiknya kita batasi pembahasan hanya pada teori mulla sadra tentang yang ada. Konsep sadra berdiri di atas tiga prinsip dasar yang sangat fundamental. Dengan memahami ketiga prinsip ini, diharapkan kita akan dengan mudah memahami teori-teori filsafatnya yang lain, baik yang berkaitan dengan kosmologi, epistimologi, dan bahkan teologinya. Ketiga prinsip tersebut adalah sebagai berikut: wahdatul wujud (kesatuan yang ada), tasykikul wujud dan asalatul wujud. Kita akan mengelaborasi ketiga prinsip ini secara sederhana.

Secara historis, teori wahdatul wujud pada mulanya adalah teori yang disusun ibnu arabi. Ia lebih bernuansa sufistik ketimbang filsafat. Banyak penafsiran telah diberikan tentang teori ini, dari yang sangat ekstrem sampai moderat. Mungkin yang paling ekstrem adalah ibnu sab’in yang menyatakan bahwa hanya tuhan yang eksis sementara selain tuhan tak ada yang eksis. Ada lagi yang ekstrem yang menyatakan bahwa seluruh yang berwujud selain tuhan hanyalah tajalliyat (manifestasi) dari asma’ dan sifat-sifat tuhan.

Namun sadra melihat bahwa yang ada sebagai yang ada meskipun satu, namun ia memiliki intensitas yang membentang dari yang nama yang ada. Sifat yang ada-nya tuhan mutlak, sementara yang ada lain hanya bersifat yang ada dalam kemungkinan. Ia persis seperti matahari dan sinarnya. Matahari tentu berbeda dengan sinarnya. Namun dalam masa yang sama, sinar matahari tiada lain adalah matahari itu sendiri. Yang harus ada berbeda dengan yang mungkin ada.

Teori wahdatul wujud sebagai teori tentang yang ada menekankan pada kesatuan yang ada yang hadir pada segala sesuatu. Tuhan memiliki sifat yang ada, begitu juga dengan manusia, benda-benda mati. Apakah yang ada setiap satu dari mereka sifatnya berdiri sendiri (self-subsistence) atau justru ada karena adanya yang lain. Lalu kalau pilihannya adalah yang kedua, apa beda antara yang ada-nya tuhan dengan yang ada selainnya? Lalu bagaimana mungkin kita bisa membayangkan bahwa yang ada itu satu, sementara di dunia yang ada kita menemukan entitas-entitas yang sepertinya berdiri sendiri. Lalu berapa jumlah yang ada?

Persoalan itu dalam metafisika dikenal dengan istilah problem antara yang satu dan yang banyak. Pertama, ada yang disebut dengan istilah composite existence dimana keberadaan entitas tersebut bergantung pada unsur-unsur pokoknya. Segala sesuatu yang termasuk dalam kategori ini maka yang adanya pasti akan terbatas.

Kedua, the simple existent, di mana jenis yang adanya tak pernah bergantung pada unsur-unsur. Karenanya ia tidak pernah terbatas. Yang ada ini hanya milik tuhan saja di mana yang adanya merupakan wujud-nya itu sendiri. Simplifikasi jenis yang ada tuhan ini disebut sadra dengan istilah basitul haqiqah kullu syaiy (bahwa yang ada yang bersifat sederhana adalah yang ada yang mencakup seluruh entitas yang disebut “sesuatu”.) Karenanya mengikut formula ini, yang ada manusia adalah bagian inheren dari yang ada tuhan.

Prinsip wahdatul -wujud atau kesatuan yang ada dalam filsafat sadra ini yang melihat kesatuan yang ada terbentang lebar pada segala apa yang disebut sebagai yang ada individual sampai yang mungkin ada yang beraneka ragam dan bervariasi, sehingga yang ada memiliki sistematisasi.

Menurut aliran filsafat esensialisme, esensi tak mengalami perubahan. Yang berubah adalah instansi-instansi partikularnya. Ketika warna putih mengalami intensifikasi warna, itu berarti bahwa warna dahulu hilang dan lahir warna baru yang menggantikannya.

Sadra menolak teori ini. Mereka melihat bahwa suatu esensi tidak pernah mengalami perubahan. Suatu esensi bisa saja memiliki wilayah intensitas yang tak terbatas. Ketika warna putih mengalami intensifikasi, bukan hanya ke-putih-annya yang tetap, bahkan “putih”nya juga tetap. Jadi semua yang disebut esensi memiliki kapabilitas untuk menjadi “more or less”: semua manusia bisa jadi “lebih” atau “kurang” manusia dari manusia lain. “manusia” dan “kemanusiaan” muhammad saw lebih sempurna dari manusia dan kemanusiaan kita.

Ini adalah teori “more perfect and less perfect” yang kemudian dimodifikasi oleh sadra. Pertama, prinsip ambiguitas ini dirubahnya dari ambiguitas esensi menjadi ambiguitas dalam eksistensi. Dengan kata lain, yang mengalami graditas bukan esensi, tapi justru eksistensinya. Kedua, teori ambiguitas eksistensi ini juga terjadi secara sistematis bukan sekadar ambiguitas. Itu berarti, eksistensi adalah sama bagi seluruh eksistensi, seperti eksistensi tuhan yang wajib dan makhluk yang mungkin, adalah sama apabila dilihat dari sisi predikat eksistensinya.

Meskipun predikat eksistensi di atas sama namun setiap eksistensi tetap memiliki keunikannya tersendiri yang memisahkannya dari yang lain. Seluruh bentuk eksistensi yang lebih tinggi pasti mengandung bentuk eksistensi yang lebih rendah bahwa eksistensi yang sederhana pasti mencakup secara inheren segala eksistensi yang berada di level bawahnya.

Dengan dasar prinsip di atas kesatuan yang ada terpelihara pada semua eksistensi; namun keragamannya juga terpelihara. Ketika dua prinsip di atas tak terbantahkan secara common sense, maka lahirnya prinsip yang ada adalah sesuatu yang aksiomatis. Yang ada berarti bahwa yang ada adalah prinsip dari segala wujud yang ada. Lawan darinya adalah prinsip bahwa yang ada sekadar asumsi akal. Perbedaan kedua prinsip ini secara historis telah lahir jauh sebelum munculnya sadra, seperti yang dapat kita simak dari teori-teori farabi, ibnu sina, bahkan aristoteles.

Sesuatu memerlukan yang ada agar ia bisa eksis. Tanpa yang ada, suatu hal tidak akan pernah bisa bereksistensi, suatu yang ada tidak akan bisa memperoleh partikularisasinya di dunia yang ada. Teori dualitas antara yang ada ini kemudian ditolak secara tegas oleh pekikir islam lain, suhrawardi. Menurut suhrawardi, apa yang kita lihat sebagai eksistensi di dunia yang ada adalah yang ada itu sendiri. Sebab, apabila kita terima teori itu, maka yang ada itu sendiri akan memerlukan yang ada lain yang bisa memberinya eksistensi; demikianlah seterusnya sehingga ia tak akan berakhir atau mengalami regresi yang infinitum.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa suatu yang ada yang konkrit tiada lain adalah sebuah fakta bahwa itu adalah yang ada itu sendiri. Sehingga kalimat yang ada tiada lain kecuali abstraksi akal semata-mata.

Sadra yang eksistensialis dan yang berusaha maksimum untuk mensintesiskan kedua aliran ini menolak pendapat suhrawardi. Baginya yang riil adalah yang ada, sementara esensi adalah abstraksi mental semata-mata. Yang ada bukan hanya lebih prinsipiil atau sekadar fondasi bagi seluruh yang ada, namun ia adalah yang ada itu sendiri. Sebab sifat yang ada yang paling fundamental yakni sederhana dan berkarakter menyebar ke dalam seluruh celah-celah apa yang disebut sebagai eksistensi.

Dan eksistensi yang ada di hadapan kita tidak lebih pembatasan-pembatasan yang mempartikulasikan bentangan yang ada itu sendiri. Ketika kita melihat di dunia yang ada ini ada, misalnya, kursi, meja, si amir, kuda, dan sebagainya, maka entitas-entitas itu “membelah” dari bentangan yang ada.

Akhirnya, secara teologis, konsep yang ada dari mulla sadra di atas mengajak kita memahami makna the ultimate reality di mana ada-nya tuhan memiliki sifat partikular juga menyatu dalam maknanya yang sangat unik. Meskipun wahdatul wujud atau yang ada itu menyatu namun tidak terjebak pada teori panteisme, karena yang ada entitas-entitas selain-nya juga tetap terpelihara. Itulah yang dimaksudkan firman allah “aku lebih dekat denganmu daripada dirimu sendiri.”



Diolah dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google